Media dalam Perjanjian Lama dan Relevansinya bagi Pembelajaran PAK PAUD pada Masa Kini

Authors

  • Ida Sortauly Ambarita Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar

Keywords:

Old Testament media, Christian religious education, early childhood education media, media Perjanjian Lama, Pendidikan agama Kristen, Paud masa kini

Abstract

The proper learning of Christian religious education for a child starts from the golden age, namely the age of 0 – 6 years, when the whole potential experiences a period of great and fast growth and development sensitivity. From an early age, children are introduced to Bible teaching and knowledge of the Lord Jesus every day and continuously so that the Word of God takes root and bears fruit in the children. Therefore, Christian Religious Education is expected to carry out its duties seriously in accordance with the objectives of education and learning, namely to form and create a generation that has noble character, is responsible and has the character of Christ. In learning Christian religious education at PAUD today, a useful media is needed as a tool to convey messages from educators to students, especially early childhood education. With the media, it is hoped that the objectives of learning Christian religious education will be achieved. This study aims to explore the media in the Old Testament and find their relevance for learning Christian religious education early childhood education today. The writing of this article uses descriptive qualitative research methods with literature investigations through books, journals and articles about the media in the Old Testament and their relevance for learning Christian religious education. Early childhood education today. The conclusion is the relevance of the Old Testament media with learning Christian religious education early childhood education today.

 

Abstrak

Pembelajaran pendidikan Agama Kristen yang tepat bagi seorang anak dimulai dari masa emas yaitu usia 0-6 tahun yaitu masa di mana keseluruhan potensi mengalami masa kepekaan tumbuh kembang yang hebat dan cepat. Sejak usia dini anak – anak diperkenalkan pada pengajaran Alkitab maupun pengenalan akan Tuhan Yesus setiap hari dan terus menerus sehingga Firman Tuhan berakar dan berbuah di dalam diri anak-anak. Oleh karenanya Pendidikan Agama Kristen diharapkan agar melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tujuan pendidi-kan dan pembelajaran yakni membentuk dan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, bertang-gung jawab dan memiliki karakter Kristus. Dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen pada Paud masa kini diperlukan suatu media yang berguna sebagai alat menyampaikan pesan dari pen-didik ke peserta didik khususnya pendidikan anak usia dini. Dengan adanya media diharapkan tujuan dari pembelajaran pendidikan agama Kristen akan tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali media dalam Perjanjian Lama dan menemukan relevansinya bagi pembelajaran pendidikan agama Kristen Pendidikan anak usia dini masa kini. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan penyelidikan literature melalui buku, jurnal dan artikel mengenai media dalam Perjanjian lama dan relevansinya bagi pembelajaran pendidikan agama Kristen Pendidikan anak usia dini masa kini. Adapun hasil kesimpulan adalah adanya relevansi media Perjanjian Lama dengan pembelajaran pendidikan agama Kristen Pendidikan anak usia dini masa kini.

 

 

References

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Adi Putra. Monarki : penolakan terhadap Teokrasi. Juli 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/4zqau. OSF

Albert L. Blackwell, The Sacred in Music (Lousiille: Westminster John Knox Press, 1999),

Arozatulo. Telaumbanua. Peran Gembala sebagai pendidik dalam pertumbuhan rohani jemaat. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktik. Vol.2 No.2 (Desember 2019):362-387

Bekker. F.L. Sejarah kerajaan Allah 1. Perjanjian Lama. 2010. Jakarta. BPK Gunung Mulia. (Penerjemah : K. Siagian)

Barth, Christop.Teologi Perjanjian Lama 2. 2003 . Jakarta. BPK Gunung Mulia.

Branckly E. Picanussa. Musik bangsa Israel dalam Perjanjian Lama. December 2019. DOI:10.31227/osf.io/kw8nb

Chrisnahanungkara, A. J. (2019). Gereja Dan Pendidikan Seni Musik Bagi Anak. Tonika, 2(1), 63–74.

Christoph Bart. Theologia Perjanjian Lama 3, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988), hal.73

David Noel Freedman (ed.), The Anchor Bible Dictionary (New York: Doubleday, Vol 4 K-N, 1992), 930-933; band.

Desi Sianipar, “Penggunaan Pendekatan Shared Christian Praxis (SCP) Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Gereja,” Jurnal Shanan Vol.3 No.2 (Oktober 2019): 116. Http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1582

Don E. Salliers, Music and Theology (Nashville: Abingdon Press, 2007), 61

Elisabeth Cristiani Siahaan. Benyamin Telnoni. Media Musik Sebagai Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 4 Nomor 5 Oktober 2022 (6856 – 6864).

Fernandes. FS. Pengenalan kitab Hakim – Hakim. 2015. Jurnal Penabiblos

Fredik Melkias Boiliu, M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak. Imanuel, 1(2), 76–91.

Gossweiler. Christian. Kepemimpinan karismatik dan Kepemimpinan yang melembaga pada masa perjanjian Lama dan dewasa ini. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 3, no. 2 (November 22, 2019):

GP. Harianto. Teologi PAK. 2017. Yogyakarta. Penerbit Andi

H.H. Rowley, terj. I.J. Cairns, Ibadat Israel Kuno (Jakarta: BPK Gunung Mulia, cet. 3, 2002), Junihot M. Simajuntak, Belajar Sebagai Identitas dan Tugas Gereja, Jurnal Jaffray, Vol. 16, No. 1, April 2018, 7

Kalis Stevanus,Dwiati Yulianingsih. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada anak usia dini. Peada Jurnal Pendidikan Volume 2, No.1,Juni 2021; (15-30)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kenneth W. Osbeck, The Ministry of Music: A Complete Handbook for the Music Leader in the Local Church (Grand Rapids: Kregel Publications, 1982), 17-19.

Lwin, May dkk. 2008, How to Multiply Your Child’s Intelligence, Jakarta.

Pangabean, A. J. (2012). Suatu Pemahaman Pernan Dan Pengaruh Musik Terhadap Kerohanian Dalam Ibdah Gereja Kharismatik Di Medan. Jurnal Visi, 20(2), 968–985

PAUD : Investasi Masa Depan Bangsa (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, 2006), iii.

Samarenna. Desti. Studi tentang kepemimpinan dalam Perjanjian Lama. Jurnal Teologi Gracia Deo. Volume 2, No.2. Januari 2020. (109-118)

Santosa. Didik Ardi. Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan.

Sardiman. Arief.dkk. Media Pendidikan. 2003. Jakarta. Grafindo Persada

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada),

Siburian. Hendro Hariyanto. Pentingnya Belajar dalam Perjanjian Lama.

Simanjuntak. Fredy. Musik sebagai media terapi penyembuhan : sebuah penelusuran historis dalam Alkitab. Jurnal Efata. Volume 8, No 2, Juni 2022 (115-126)

Siringoringo. V.M. Theologi Perjanjian Lama. 2013. Penerbit Andi. Yogyakarta

Suwandi Chuang. Maria Evvy Yanti. Mengembangkan nilai – nilai moral dan pendidikan Kristiani melalui penggunaan mendia pembelajaran pada anak usia dini. Jurnal Teruna Bhakti. Vol. 4 No.1, Agustus 2021 (21-35)

Suhariono. Agus. Pemanfaatan Media dan Audio Visual dalam Penyampaian Firman Tuhan. ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Volume 1, Nomor 1 Edisi Juli 2021 (Hal. 1-12)

Thomas L. Constable, “ Teologi Kitab-kitab Yosua, Hakim-hakim, dan Rut,” dalam The Bibblical Theology of The Old Testament, peny. Roy B. Zuck dan Eugene H. Merril (Malang: Penerbit Gandum Mas, 2005), 177.

Tugabus. Steven. Makna pendidikan agama Kristen dalam Alkitab. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen. www.jurnal.sttissiau.ac.id/Volume 2/Nomor 1/Juni 2021/hal. 25-45

Siburian. Hendro Hariyanto. Pentingnya Belajar dalam Perjanjian Lama.2020.OSF PrePrints

Widyastuti. Ana. Dkk. Media dan Multimedia Pembelajaran. 2022. Yayasan Kita Menulis

Yemima Kezia Dan Sarah Stefani, “Khotbah Eksposisi Narasi Kreatif Dan Kontekstual Bagi Anak-Anak Generasi Z Usia 5-6 Tahu”, Gamaliel: Teologi Praktika 1.no 2 (2019),72

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Ambarita, I. S. (2023). Media dalam Perjanjian Lama dan Relevansinya bagi Pembelajaran PAK PAUD pada Masa Kini. ICHTUS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 11–22. Retrieved from https://ojs.sttborneo.ac.id/index.php/ichtus/article/view/11

Issue

Section

Articles