Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar dari Rumah untuk Meningkatkan Prestasi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 04 Jelemuk Manday

Authors

  • Ita Kristina Sekolah Tinggi Teologi Borneo, Kalimantan Barat
  • Maswati Daya Sekolah Tinggi Teologi Borneo

Keywords:

Peran orang tua, Bimbingan, Prestasi Belajar, Covid-19

Abstract

Abstract: Tus people have a very important role in guilding their children to leam. One of the roles of parents in the succes of their childrens education is to provide sculptures, especially attention to childrens learning activities at home. Learning at home will be meaningful and good if supported by the capacity of teachers and parents who are ready to face changes in the way of teaching and learning during the pandemic parents must be able to find ways to guide children in learning at home so that food is good for childrens learning achievement at school there are many thing that parents can do to show attention to their work, including helping children in dealing with learning difficulties, parents can ask questions and listening to the difficulties faced by children in learning. Especially at this time children need special attention and guindance and parents who are very careful, children can feel the progress in the learning process that is carried out. Jar of Farias’s child is factor that originates and is the child’s early life and there is also a factor that originates from and early lags in elms child.

 

Keywords: The role of the tux person, presto belajat guindance, and covid-19.

 

Abstrak: Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing anaknya belajar. Salah satu dari peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan perhatian, terutama perhatian pada kegiatan belajar anak dirumah. Belajar dirumah akan bermakna dan berhasil jika didukung oleh kapasitas guru dan orang tua yang siap menghadapi perubahan cara belajar-mengajar dimasa pandemi. Orang tua harus dapat menemukan cara untuk membimbing anak dalam belajar dirumah sehingga memberi pengaruh terhadap prestasi belajar anak disekolah. Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menunjukkan perhatian kepada anaknya diantaranya, membantu anak dalam mengatasi kesulitan belajar orang tua dapat menanyakan dan mendengarkan kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar. Apalagi pada masa sekarang ini anak perlu mendapatkan perhatian dan bimbingan yang khusus dari orang tua supaya anak dapat merasakan adanya perkembangan dalam proses belajar yang dilakukan. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Fakror-faktor  yang berasal dari dalam diri anak (Intern) dan ada pula  faktor yang berasal dari luar diri anak (Ekstern).

 

Kata Kunci: Peran orang tua, bimbingan, prestasi belajar, dan covid-19.

References

Abu Ahmadi & Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Adnan Hasan Shalih Baharits, Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak Laki-laki. Jakarta: Darul Mujtama, Jeddah, Saudi Arabia, 1996.

Afrillia Fahrina, Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021.

Alex Sobur, Pembinaan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1987.

Buyung Surahman, Peran Ibu Terhadap Masa Depan Anak, Jurnal: Hawa Studi Pengurus Utamaan Gender dan Anak, Bengkulu, 2019.

Cheri Fuller, Maksimalkan Potensi Belajar Anak Anda (Bandung: Kalam Hidup, 2007

Dewi Iriani, 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo,2014.

Elizabeth Hurlock, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga, 2002

Enos R.M. Sauw Bess, tanggung jawab Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Skripsi:1999.

H. Amirulloh Syarbini dkk, Mencetak Anak Hebat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Iskandar, Psikologi Pendidikan. Cipayung-Ciputat, Gaung Persada, 2009.

Janse Belandina, Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Janse Belandina Non, M. Si, dkk, Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004

Jarot Wijanarko dan Yehuda So, Menjadi Seorang Ayah, Jakarta:Keluarga Indonesia Bahagia 2018.

L. Crow & A. Crow, Psycology Pendidikan, Yogyakarta: Nur Cahaya, 1989.

Moh. Zaiful Rosyid Mustajab Aminol Abdullah, Prestasti Belajar. Literasi Nusantara,2019.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.

Nur Najmi Muthia, Paren Team Bersinergi Mendidik Anak. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI,2021..

Prof. Dr. Ratna Wills Dahar, M. Sc Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: ERLANGGA, 2011.

Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa & Dra. Ny. Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Rosmita Sari Siregar dkk... , Dasar-dasar Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Rulie Gunandi, Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran PAI. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Slameto, Partisipasi Orang Tua Dan Faktor Latar Belakang Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar. CV: Qiara Media Partner, 2020.

Umar Tirtarahardja dan SL. La Sulo, Pengantar Pendidikan (Jakarta: PT Rineka, 2008.

Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: ALFABETA, 2012.

Yosay Aulia, Terima Kasih Bapak, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Yakob Tomatala, Kepemimpinan Kristen. Jakarta: YT Leadership Foundation, 22.

Wanta Maria, Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2005.

https://uninus.ac.id> ayah harus jadi teladan baik karena tercermin pada perilaku anak. Diakses 26 Januari 2022 jam 14:36.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Kristina, I., & Daya, M. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar dari Rumah untuk Meningkatkan Prestasi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 04 Jelemuk Manday. ICHTUS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 109–118. Retrieved from https://ojs.sttborneo.ac.id/index.php/ichtus/article/view/52